Rabu, 24 April 2013

Membaca Al-Qur'an, Apakah Membaca Al-Qur'an di malam hari dengan Pengeras Suara Akan Menambah Pahala?

Assalamu Alaikum wr. wb,

Buya Yahya saya mau bertanya, apakah membaca al-Qur’an dengan pengeras suara di malam hari akan menambah pahala? Jam berapa maximal dapat dilakukan?
(Hamba Allah, Celancang, 081909918xxx)



Jawab:
Wa ‘alaikumussalam wr wb
Membaca al-Qur’an bagi kaum laki-laki dengan mengeluarkan suara sangat dianjurkan dengan harapan agar orang lain bisa ikut mendengarkanya, termasuk dengan pengeras suara dengan catatan tidak menganggu orang yang ingin beristirahat atau ingin melakukan ibadah Shalat, akan tetapi ada hal yang lebih perlu diperhatikan yaitu suara wanita, suara wanita dalam Madzhab Syafi’i memang bukan aurat akan tetapi suara wanita di saat menbaca al-Qur’an jika akan didengar oleh orang laki-laki yang ajnabi (yang bukan mahramnya) maka hukumnya tidak diperkenankan (haram) dan ini telah disepakati oleh Ulama semua Madzhab. Akan tetapi hukum inilah yang sangat dilupakan oleh kebanyakan orang. Semoga Alloh memberi keinsyafan kepada kita semua.

Wallahu ‘alam bish showab. 

Untuk bertanya silahkan ketik: Nama#Kota#Pertanyaan kirim ke 082335404145, pertanyaan akan dijawab dan dipostingkan di FB serta di harian kabar cirebon pada hari jum'at.

By: TIM Dakwah Al-Bahjah


Muslimah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar