Selasa, 09 April 2013

Bank Syariah, Bagaimana Penjelasan Mengenai Bank Syariah yang Ada di Indonesia Saat Ini?

BBM : Bila Buya Menjawab

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Abuya yg terhormat, salam Silaturahmi
Saya Hartono, buya mohon penjelasan tentang bank syariah yg sekarang sudah hadir di Indonesia, apakah sudah seperti yg diatur oleh islam ?
Terima kasih

Wassalamu’alikum Wr. Wb
HARTONO- 30 TH
SUMBER – CIREBON
081320424XXX
Wa’alaikumsalam wr.wb
Saudaraku Hartono, yang semoga di muliakan Allah SWT,
Munculnya banyak Bank yang berlabel syariah adalah sebuah kemajuan kesadaran akan syariat Islam , terlepas dari maksud terpendam di balik hati pengelola Bank.
Sebab makna yang terbaca di balik itu semua adalah, bahwa didalam BANK KONVENSIONAL ada masalah, yaitu dalam berbagai cara transaksinya termasuk adanya bunga yang tidak lain adalah Riba haram yang dipoles dengan bahasa lembut “ bunga ”. Transaksi dan sistem yang diberlakukan di Bank Syariah yang ada di Indonesia adalah sesuai dengan Syariah. Dan jika ada yang kurang itu adalah tugas para ulama untuk membantu meningkatkan kualitas nilai Syariahnya. Sebab kami aggap Bank Syariah adalah sesuatu yang kita nanti kehadirannya, dan jika ternyata hadir dengan banyak kekurangan maka yang benar bagi kita adalah melengkapi kekurangan tersebut dan bukan memusnahkannya

Dan memang banyak hal yang harus di luruskan diantaranya adalah para pegawai Bank Syariah yang semula mereka adalah orang-orang yang bekerja di Bank konvensional, tanpa di bekali ilmu Perbangkan Syariah tiba-tiba di pindah ke Bank Syariah maka cara mereka menjelaskan dan menjalankan transaksi Bank Syariah di samakan dengan transaksi Bank Konvensional. Dari sinilah diantaranya muncul sebab banyak orang mengatakan bahwa tidak ada beda antara Bank Syariah dan Bank Konvrensional.

Semoga kita bisa memperjuangkan wujudnya Bank Syariah yang sesungguhnya agar kaum muslimin terbebas dari taransaksi yang salah dan riba.

Wallahu a’lam bishshowab.

Untuk bertanya silahkan ketik: Nama#Kota#Pertanyaan kirim ke 082335404145, pertanyaan akan dijawab dan dipostingkan di FB serta di harian kabar cirebon pada hari jum'at.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar