Kamis, 18 April 2013

Lagho, Apakah membaca Al-Qur'an termasuk lagho?

Forum Tanya Jawab bersama Buya Yahya pada kajian Kitab At Tibyan Senin, 11 Romadhon 1433H


Disebutkan dalam hadits bahwasannya mengingatkan seseorang ketika Khotib sedang berkhutbah maka ia sudah termasuk Lagho sedangakan orang yang Lagho tidak mendapatkan pahala jum’atan, nah bagaimana dengan bacaan Al-Qur’an itu sendiri ketika Khotib sedang berkhutbah apakah termasuk Lagho?

Jawab:
Di saat Khutbah Imam tidak terdengar maka dihimbau untuk berdzikir atau membaca Al-Qur’an akan tetapi jangan sampai mengangkat suaranya, nah bagi Khotib ada hal yang perlu diperhatikan yaitu : Hendaknya seorang Khotib itu tempatnya agak tinggi sehingga suaranya terdengar oleh jama’ah jum’at, seperti suatu saat Rasulullah berkhutbah di padang pasir beliau naik ke atas kuda Karena banyaknya jama’ah supaya tidak ada fitnah, adanya himbauan bagi Khotib untuk melantangkan suaranya agar jama’ah dapat mendengar khutbah yang disampaikan.
Di samping itu ada perbedaan ‘ulama ketika berbicara pada waktu khotib sedang naik mimbar, diantaranya madzhab abu hanifah, madzhab malik, madzhab ahmad, mengatakan haram mengangkat suara ketika khotib sedang berkhutbah. Namun di dalam Madzhab Imam Syafi’i tidak haram, namun dapat menyebabkan hilangnya keutamaan pada saat khutbah jum’at. dan dihimbau agar untuk tetap tidak berbicara yang tidak ada manfaatnya, dan ketika tidak terdengar maka sunnah baginya untuk tetap berdzikir.
Hujjah Imam Syafi’i terjadi pada waktu Rasulullah SAW khutbah jum’at tentang hari kiamat.
Sahabat bertanya : Kapan datangnya hari kiamat yaa Rasulullah?
Rasulullah SAW : Apa yang kau persiapkan untuk hari kiamat?
Sahabat : Aku hanya punya cinta Allah dan rasul-Nya.
Jadi madzhab syafi’I tidak menyatakan haram berbicara ketika Khotib sedang berkhutbah, sedangkan yang menyatakan haram adalah madzhab lain.


Wallahu a'lam bish showab. 

Untuk bertanya silahkan ketik: Nama#Kota#Pertanyaan kirim ke 082335404145, pertanyaan akan dijawab dan dipostingkan di FB serta di harian kabar cirebon pada hari jum'at.

By: TIM Dakwah Al-Bahjah


Muslimah
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar