Selasa, 09 April 2013

ILmu Kebathinan, Bolehkah Ilmu Kebathinan Menurut Syari'at Islam?


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Semoga Buya yahya beserta pesantren al bahjah selalu di beri keberkahan oleh Allah SWT.

saya aldo di bogor...di forum forum khususnya di website-website banyak sekali yang membicarakan tentang ilmu kebatinan. yang ingin saya tanyakan adalah :

1. apakah memiliki ilmu batin seperti ilmu khodam, ilmu kebal, ilmu keselamatan itu di perbolehkan menurut syariat atau tidak ustad ?

2. apakah asma sungai raja itu benar adanya dan memang merupakan peninggalan dari nabi khidir a.s ? mudah mudahan ustad pernah mendengarnya

mohon penjelasan dari ustad buya yahya.
terima kasih

Walaikumsalam wr. wb

saudara Aldo yang semoga dimulyakan Alloh.

1.memiliki ilmu kebal dan khodam biasa di sebut ilmu hikmah.Ilmu tersebut bukanlah sesuatu yang terlarang asal cara memperolehnya dengan cara yang benar. Misalnyadengan membaca ayat Alquran atau asmaul husna hingga ia dapatkan kekuatan sebab bacaan tersebut. Atau datanglah khodam atau bangsa jin yang ikut . Semua itu ada dan bukan terlarang asalkan caranya benar. Ada yang caranya salah seperti menulis rajah yang tidak terbaca atau meletakkan kalimat mulya seperti nama Alloh,para Nabi dan Malaikat di tempat yg tidak terpuji seperi di pendam di bumi atau di tulis di paha atau membaca mantra yang tidak jelas artinya maka itu hukumnya haram.

Akan tetapi tetap lebih baik jika anda tidak berurusan dengan hal-hal yang demikian itu. Sebab banyak buku-buku hikmah yang menghadirkan hadits-hadits palsu yng jelas -jelas haram meriwayatkanya. Bahkan sebagian para masyayikh dengn tegas mengatakan bahwa berurusan dengan ilmu-ilmu seperti ini adalah haram.


2-tidak benar kalo hal-hal semacam itu adalah peninggalan dari Nabi Khidir. Kalau benar tentu ada riwayat-riwayat yang shohih dan benar yang di nukil para ulama ahli hadits .Akan tetapi ilmu itu di nukil oleh orang-orang ahlli ilmu kebatinan dan hikmah.
Jangan menyibukkan bacaan yang tidak jelas sumbernya akan tetapi bacalah dzikir-dzikir yang benar-benar datang dari Rasululloh yang di riwayatkan para ulama seperti dzikir dalam rotibul haddad ,rotibul attos ,wirdullatif dll.wallohu a'lam bishshowab.
Harap disebarkan, karena Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
“Barangsiapa yang menunjukkan suatu kebaikan maka ia akan medanpatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya.” HR. Imam Muslim
Wallahu ‘alam bish showab. 

Untuk bertanya silahkan ketik: Nama#Kota#Pertanyaan kirim ke 082335404145, pertanyaan akan dijawab dan dipostingkan di FB serta di harian kabar cirebon pada hari jum'at.

By: TIM Dakwah Al-Bahjah


Muslimah
 
Admin FB Buya Yahya.
 

1 komentar: